Koramil 0201-14/PB Berjibaku Memadamkan Api

oleh -208 Dilihat

Medan Benteng |
Di duga akibat dari hubungan pendek arus listrik, telah menyebabkan kebakaran pada 2 unit rumah di Dusun 1 Desa Pertampilan Kec Pancur Batu, pada hari Jum’at malam (07-01-2022) sekira pukul 21.30 wib. Sumber api terlihat pertama kali dari dapur rumah Bapak Jusuf Roni (40 thn), yang sebagian besar terbuat dari kayu dan tepas bambu. Sehingga dengan mudah cepat terbakar dan menyulut api semakin membesar serta menghanguskan rumah tersebut, beserta 1 unit rumah yang berada tepat di sebelah nya milik Ibu Roslina Sembiring (75 thn).

Insiden kebakaran yang terjadi pada malam hari ini seketika menyebabkan kepanikan warga yang berada di Dusun 1 Desa Pertampilan Kec Pancur Batu. Hal ini di karenakan sebagian besar warga sudah mulai melaksanakan istirahat di rumah nya masing masing.

Demikian juga hal nya dengan Babinsa Koramil 0201-14/PB Serma Robert Sinulingga yang di hubungi oleh Kepala Dusun 1 Desa Pertampilan Bapak Ijianto Tarigan pada saat terjadi kebakaran, langsung bergegas menuju lokasi kejadian, untuk membantu upaya pemadaman api dan mengamankan lokasi kebakaran yang berada di tengah pemukiman warga.

Seperti yang sudah di jelaskan di awal tadi, bahwa dugaan sementara sumber api yang menyebabkan kebakaran ini berasal dari bagian dapur rumah Bapak Jusuf Roni (40 thn) yang bekerja sebagai Petani. Di perkirakan bahwa asal api yang terjadi akibat ada nya hubungan pendek arus listrik di rumah tersebut. Sedangkan pada saat kejadian, Bapak Jusuf Roni dan anggota keluarga yang lain sedang berada di depan rumah dan juga di dalam kamar tidur. Percikan api yang di timbulkan oleh hubungan pendek arus listrik tadi lantas menyambar dinding rumah yang terbuat dari kayu dan tepas yang kemudian langsung menyambar tempat lain nya. Api dengan cepat membesar di karenakan banyak material di dalam rumah yang mudah terbakar.

Warga yang mengetahui hal ini langsung berteriak minta tolong sekaligus memberitahukan warga lain di sekitar nya. Begitu melihat kobaran api yang semakin membesar, warga yang mulai berdatangan langsung berusaha untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya, kemudian menghubungi Perangkat Desa Pertampilan Kec Pancur Batu. Kepala Desa Pertampilan Bapak Heri S yang juga tiba di lokasi bersama Babinsa Koramil 0201-14/PB Serma Robert Sinulingga segera menghubungi Unit Pemadam Kebakaran untuk memadamkan kobaran api tersebut. Selanjut nya api baru dapat di padamkan sekitar 40 menit kemudian, setelah 2 unit mobil Pemadam Kebakaran dari PT Galatta dan 1 unit mobil Pemadam Kebakaran dari Pemkab Deli Serdang tiba di lokasi kebakaran untuk memadamkan kobaran api yang semakin membesar. Sehingga kobaran api dapat di cegah agar tidak semakin merembet ke rumah warga lain nya.

Babinsa Koramil 0201-14/PB Serma Robert Sinulingga yang tiba di lokasi bersama Kepala Desa Pertampilan Bapak Heri S dan juga Kepala Dusun 1 Bapak Ijianto Tarigan terlihat ikut membantu proses pemadaman api dan mengamankan lokasi kebakaran dari kerumunan warga sekitar yang sudah tiba di lokasi untuk melihat kebakaran ini. “Saya mendapat telfon dari Kepala Dusun 1 Bapak Ijianto Tarigan bahwa ada kejadian kebakaran di Dusun 1 Desa Pertampilan. Setelah saya memberikan Laporan Pendahuluan kepada Danramil 0201-14/PB Kapten Inf Sabur Utomo, selaku Babinsa disini saya langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk membantu proses pemadaman api, dan juga membantu untuk mengamankan lokasi kebakaran agar tidak di manfaatkan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.” ujar Babinsa Koramil 0201-14/PB Serma Robert Sinulingga yang tampak di dampingi oleh Kepala Desa Pertampilan Bapak Heri S di lokasi kebakaran.

Terlihat juga di lokasi kebakaran, Personil dari Polsekta Pancur Batu langsung membuat Garis Polisi di areal rumah yang terbakar, guna kepentingan penyelidikan asal muasal api yang telah menghanguskan 2 unit rumah milik Bapak Jusuf Roni dan Ibu Roslina Sembiring yang berada di Dusun 1 Desa Pertampilan Kec Pancur Batu.

Kerugian materil yang di timbulkan akibat dari kebakaran ini di taksir mencapai Rp 100 jt, sementara untuk kerugian personil nihil. Selanjut nya proses penyelidikan kebakaran ini sudah di tangani oleh Personil dari Polsekta Pancur Batu. (14/PB).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.