Pendayagunaan Koramil Model Kodim 0201/BS Medan Resmi Dibuka

oleh -248 Dilihat

Medan Benteng I

Dandim 0201/BS Kolonel Inf. Agus setiandar S.I.P secara resmi membuka penyelenggaraan pendayagunaan Koramil Model Kodim 0201/BS Medan tahun 2021 di Koramil 13/PST, Jln. Tembung, Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deliserdang. Selasa (8/6/2021).

Dalam sambutanya, Dandim 0201/BS Kolonel Inf Agus setiandar S.I.P mengatakan pemberdayaan Koramil model yang merupakan program kerja dari produk 0201/BS semester I TA 2021 dalam kesempatan yang berbahagia ini saya juga ingin mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada muspika Kecamatan Percut Sei Tuan yang sudah berkenan hadir, kemudian nantinya juga akan dihadiri oleh para kepala dinas, terkait yang akan menjadi pemateri dalam kegiatan ini.

 

Dengan adanya kegiatan Koramil model ini, diharapkan personel yang mempunyai kemampuan dan keterampilan sebagai pembina teritorial yang baik, sehingga dapat meningkatkan mutu aparat Koramil dalam rangka pelaksanaan Binter di wilayah masing-masing, guna menunjang keberhasilan tugas pokok Kodim 0201/BS.

“Aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial, agar dapat memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam melaksanakan tugas merupakan garda terdepan dalam tugas kebudayaan sebagai TNI Angkatan Darat.”ungkap Dandim.

 

“Meningkatkan kesiapan dan kemampuan teritorial itu, sangat diperlukan ilmu teritorial dalam pelaksanaan tugas sesuai dengan situasi dan kondisi yang berkembang saat ini, kemampuan teritorial di antaranya yaitu, kemampuan temu cepat lapor cepat, manajemen teritorial, penguasaan wilayah, pembinaan perlawanan rakyat dan kemampuan komunikasi sosial.

 

“Lima kemampuan itu kita harus dapat memilikinya, kenapa kita harus memilikinya, karena hanya dengan sikap teritorial ini kita bisa menjadi Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang baik dan menjadi tauladan bagi masyarakat dalam menjalani tugas. Tegas Kolonel Inf Agus setiandar S.I.P.

 

“Disiplin semangat yang tangguh dan profesional serta dapat berintegrasi dengan komponen masyarakat untuk melaksanakan tugas di satuan komando kewilayahan, kegiatan Koramil model bertujuan untuk meningkatkan kemampuan aparat kewilayahan dalam melaksanakan tugas pemberdayaan wilayah sebagai pertahanan darat melalui pembinaan teritorial sekaligus menjadi landasan dalam menetapkan tujuan bersama yang ingin dicapai, sehingga tidak terjadi keragu-raguan dalam mengaplikasikannya di lapangan serta memiliki kesamaan visi dan misi dalam menjalankan tugas.”jelas Dandim.

“Kolonel Inf Agus setiandar S.I.P  berharap kepada para peserta kegiatan Koramil model ini, agar senantiasa menyimak, memahami dan mencermati setiap materi yang akan disampaikan oleh pemateri atau narasumber sehingga dapat mengimplementasikan nya pada saat pelaksanaan tugas di lapangan, dengan demikian hasil yang dicapai oleh anggota di lapangan dapat lebih optimal efektif dan efisien, serta dapat meningkatkan kemampuan prajurit dalam melaksanakan tugas dengan menjabarkan serta mensosialisasikannya di wilayah masing-masing.

 

Perlu diketahui oleh rekan-rekan sekalian dan termasuk juga izin melaporkan kepada bapak Camat dan Kapolsek bahwa Koramil 0201-13/PST ini adalah satu dari 16 Koramil yang dinaungi Kodim 0201/BS yang ditunjuk sebagai Koramil model, jadi di sini adalah sebenarnya yang dijadikan sebagai lembaga pendidikan bagi para personel baru di Kodim 0201/BS ini untuk belajar pertamakalinya mengenali bagaimana tugas-tugas dari teritorial.

 

“Oleh karena itu saya juga berpesan, supaya rekan-rekan Babinsa yang menjadi peserta kegiatan Koramil model ini benar-benar memanfaatkan kesempatan ini untuk bisa memahami materi yang akan disampaikan oleh narasumber untuk mengaplikasikannya di lapangan.

 

“Saya sering mengatakan bahwa Babinsa ini adalah pembina = Babinkamtibmas bagaimanapun keadaan awal kekanakan akan menjadi seorang Babinsa Anda adalah semuanya sebagai pembina-pembina dalam kecakapan militer untuk sudah di atas tingkat kemampuan tingkat kemampuan pertama dapat terbatas, kedua dapat mengerti, yang ketiga mampu, ke empat mahir, untuk supaya bisa membina itulah kriteria yang harus dicapai oleh rekan-rekan sekalian karena ketika kita berhadapan dengan masyarakat tidak ada lagi kata belajar, oleh karena itu kita harus membekali diri dengan cukup supaya kita bisa melayani masyarakat, bila kita sudah di lapangan kita juga terus belajar namanya learning by doing belajar dengan mengerjakan, belajar dengan melakukan, belajar melalui pengalaman, walaupun mungkin Koramil yang kita tunjuk sebagai Koramil model ini masih belum sesuai dengan standar yang seharusnya dipenuhi oleh Koramil yang dinyatakan atau ditunjuk sebagai Koramil model.”jelas Dandim.

 

“Ideal yang seharusnya sebagai Koramil model dari segi posisi kewilayahan, kemudian saya dulu pernah menjadi pasi ops Kodim Sidoarjo Koramil modelnya itu yang Koramil kota, kemudian saya pernah jadi Dandim Lombok timur Koramil modelnya itu Koramil namanya Koramil sakra terdiri dari 3 kecamatan, sakra timur, sakra barat dengan pangkalan, yang mumpuni di sini kita pangkalan posisi di bawah jalan jangankan kita mau mengatasi banjir masyarakat kita juga takut kebanjiran, kemudian harus ada perubahan juga bisa terbentuk harus ada ruang ruang kelas belum juga bisa terpenuhi, masih banyak yang harus dikerjakan di sini tapi intinya rekan-rekan prajurit harus bisa memanfaatkan momen ini secara maksimal untuk bisa belajar bagaimana menjadi pembina masyarakat yang baik.”terang Dandim.

 

Sebelum saya mengakhiri sambutan ini sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu kegiatan Koramil model ini, sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik semoga Tuhan yang maha Esa senantiasa meridhoi setiap usaha dan langkah kita serta milimpah kan rahmat dan hidayahnya kepada kita sekalian dalam melanjutkan tugas dan pengabdian kita kepada masyarakat bangsa dan negara.

 

Selamat kegiatan tersebut berlangsung dengan ketat menerapkan Protokol Kesehatan.

 

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Danramil 0201-13/PST
Mayor Inf. Romi Simbiring, Pasiter Kodim 0201/BS Mayor Arh Nirmawan, Danramil 02/MT Kapten Kav Bina Satria Sembiring, Danramil 03/MD Kapten Kav. JTB Sembiring, Danramil 05/MB Kapten Czi Sony. P. Ginting, Wadanramil 0201-13/PST Kapten Arm, Henry J Nainggolan, Kaur Komsos Dim 0201/BS Kapten Kav. Ando Sinaga, Kapolsek Percut Sei Tuan AKP Jan Piter Napitupulu dan Camat Percut Seituan Ismail. SSTP,MSP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.