Pangdam I/BB Sampaikan Atensi Panglima TNI dan Pimpin Wisuda Purna Bakti

oleh -82 Dilihat
oleh

Medan – Pangdam I/BB, Mayjen TNI Mochammad Hasan memimpin langsung upacara 17-an dan Wisuda Purna Bakti lima personil yang digelar di Balai Prajurit Makodam Bukit Barisan, Jl Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Rabu (17/1/2024).

Dalam upacara 17-an itu, Pangdam menyampaikan beberapa atensi Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Antara lain, menyelesaikan Program Kerja dan Anggaran Tahun 2023 dengan baik untuk evaluasi pelaksanaan Progja tahun 2024.

Terkait Pilpres, Pilleg dan Pemilukada, Panglima TNI mengingatkan bahwa TNI memiliki kewajiban untuk menjaga stabilitas nasional, sehingga harus memastikan agar agenda politik nasional ini dapat berjalan dengan aman dan damai.

“Stabilitas keamanan nasional harus tetap
terjaga sebelum, selama, dan setelah rangkaian pesta demokrasi tersebut. Netralitas TNI tetap harus kita junjung tinggi. Optimalkan sinergitas TNI-Polri serta semua komponen bangsa lainnya dalam menjamin kondusivitas dan keamanan negara,” tegas Pangdam menyampaikan arahan Panglima TNI.

Panglima TNI juga menginstruksikan kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI untuk berpegang teguh pada pedoman netralitas TNI yang telah ditentukan guna membentuk Prajurit TNI yang PRIMA
(Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif) dengan memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI.

“Jangan terpengaruh pada berbagai isu yang digulirkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, sehingga TNI menjadi korban adu domba dan dibenturkan dengan masyarakat maupun
pihak-pihak lainnya,” ucap Pangdam.

Panglima TNI juga mengingatkan kepada Prajurit untuk menghindari hal-hal yang dapat menggoyahkan pondasi kepercayaan masyarakat dan merugikan reputasi TNI.

“Hindari penyalahgunaan wewenang, narkoba, perkelahian dengan masyarakat, main hakim sendiri, curanmor, dan insubordinasi. Ingat! menjaga disiplin bukan hanya kewajiban internal, tetapi juga investasi jangka panjang dalam hubungan harmonis antara TNI dan masyarakat,” tegas Pangdam mengakhiri amanat Panglima TNI.

Wisuda Purna Bakti

Usai upacara 17-an, Pangdam kembali memimpin acara Wisuda Purna Bakti kepada lima personil Kodam I/BB.

Kelima personil purna bakti itu, masing-masing atas nama;

  1. Kolonel Caj (Purn) Drs Wendrizal.
  2. Letkol Inf (Purn) Syafrudin Manurung.
  3. Letkol Caj (K) (Purn) Sulasmi Sampara.
  4. Mayor Cpm (Purn) Zirji Zaidan Siregar.
  5. Mayor Cpm (Purn) Jafarudin.

Pangdam dalam arahannya mengatakan, wisuda purna bakti ini hendaknya menjadi hikmah bagi Prajurit lainnya untuk bisa mencapai pengabdian secara paripurna.

“Tidak semua Prajurit TNI bisa mencapai pengabdian tugas secara paripurna. Karenanya, saya ucapkan selamat kepada personil yang hari ini menjalani wisuda purna bakti. Semoga silaturahmi di antara kita tetap terjalin dengan baik ke depannya,” ungkap Pangdam.

Di akhir arahannya, Pati bintang dua abituren Akmil 1989 itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prajurit yang telah tulus ikhlas mendedikasikan tenaga dan pikiran serta pengabdian kepada TNI AD dan Kodam I/BB.

Turut hadir Irdam, Kapoksahli Pangdam, para Asisten, Kabalak, serta Ketua PPAD Sumut beserta pengurus.

Sumber: Pendam I/BB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.