Kasad Kembali Tegaskan Netralitas , Ketua Komisi I DPR RI Yakin TNI Netral !

oleh -88 Dilihat
oleh

MEDAN, tniad.mil.id – Penegasan berulang-ulang Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. tentang netralitas TNI dalam Pemilu 2024, terus menuai konfirmasi positif dari berbagai pihak. Yang terkini, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid dengan tegas menyatakan meyakini bahwa TNI telah bersikap netral.

Hal tersebut terungkap dalam keterangan pers Kasad, yang didampingi Ketua Komisi I DPR RI, usai bertatap muka dengan personel jajaran Kodam I/Bukit Barisan di Makodam I/BB, Medan, Sumatera Utara, Selasa (13/2/2024).

“Kebetulan hari ini bisa hadir di sini, Ketua Komisi I DPR RI, untuk mengecek sejauh mana netralitas anggota kita dalam pelaksanaan Pemilu, sambil mengecek kesiapan satuan-satuan. Beliau juga melihat bahwa netralitas TNI tetap kita jaga. Pasukan yang standby sudah kita siapkan, dan semua di bawah koordinasi Kepolisian,“ ujar Kasad seraya berharap semua perencanaan dapat berjalan dengan baik.

Pernyataan tersebut dibenarkan oleh Ketua Komisi I DPR RI. Dengan tegas Meutya Hafid menyampaikan bahwa setelah hadir langsung di wilayah Kodam I/BB untuk mengecek kesiapan dan netralitas TNI, ia tiba pada kesimpulan bahwa TNI telah menjaga netralitasnya.

“Saya menegaskan kembali yang disampaikan Pak Kasad, karena kami bersama jajaran (Komisi I DPR) menekankan kembali pentingnya netralitas TNI dan kesiapan pengamanan besok, bagaimana antisipasi dan apa yang harus dilakukan. Sejauh ini yang kita lihat, TNI netral, dan saya meyakini TNI akan terus netral. Bisa dilaporkan ke institusi TNI, baik Darat, Laut dan Udara, ataupun ke Komisi I DPR, jika memang ada temuan (ketidaknetralan TNI),“ ujarnya.

Dalam rangkaian kunjungan kerjanya di wilayah Kodam I/BB, Kasad juga melakukan peninjauan terkait rehab perumahan prajurit dan beberapa markas Koramil melalui program swakelola dan swadaya, di beberapa satuan.

“Program kita rencananya tahun ini setiap batalyon ada rehab, sehingga semua bisa merasakan (perbaikan). Nanti tergantung kerusakannya, ada yang rusak berat, rusak sedang, dan rusak ringan. Kita akan fasilitasi dengan anggaran 2 Milyar untuk setiap Batalyon. Nanti juga ada untuk Koramil-Koramil. Saya pikir, kalau ini bisa bertahap, dapat berpengaruh untuk (kemajuan) satuan-satuan,“ jelas Kasad.

Beberapa rehab perumahan prajurit yang ditinjau Kasad diantaranya di jajaran Kodim 0203/Langkat dua kopel sebanyak 4 KK. Kasad juga meninjau rehab swakelola perumahan prajurit di Baterai (Kompi) B Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Yonarhanud) 11/WBY sebanyak 12 KK, dan di Batalyon Artileri Medan (Yonarmed) 2/KS sebanyak 14 KK.

Pembangunan rumah dinas serta fasilitas lainnya yang menjadi kebutuhan mendasar prajurit dan keluarganya tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit, agar dapat hidup layak dan nyaman.

Pada kesempatan tersebut Kasad juga memeriksa kendaraan Anoa untuk pengamanan Pemilu dan melakukan penananan pohon kenangan di Markas Kodam I/Bukit Barisan serta melepas para Babinsa yang akan menanam 1000 bibit pohon untuk penghijauan di wilayah Sumatera Utara. (Dispenad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.