Dandim 0205/TK Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Intruksikan Jajarannya Laksanakan Penghijauan Sistem Seed Ball

oleh -16 Dilihat
oleh

Tanah Karo. Sabtu 06/07/2024. Dedikasi Kodim 0205/Tanah Karo jajaran Korem 023/Kawal Samudera untuk membantu kesulitan masyarakat dan mendukung pembanguna yang dilakukan Pemerintah Daerah, teramasuk dalam menjaga kelestarian alan juga dalam rangka menyukseskan Program KASAD Jendral TNI Maruli Simanjuntak yaitu “TNI-AD Menyatu Dengan Alam” tujuannya untuk menjaga lingkungan alam dari bencana alam maupun membangun sistim resapan air di Kabupaten Karo yang lebih dikenal dengan julukan Tanah Karo Simalem.

Menindaklajuti program TNI-AD Menyatu Dengan Alam, sehingga Kodim 0205/Tanah Karo dalam hal ini Dandim 0205/Tanah Karo Letkol Inf. Ahmad Afryan Rangkuti mengintruksikan kepada para Danramil jajarannya supaya melakukan maupun melaksanakan secara rutin untuk menjaga kelestarian ekosistem lingkungan hidup dengan melakukan penanaman pohon dengan berbagai cara, termasuk menggunakan sistem Sedd Ball, sedangkan bibit yang digunakan adalah bibit tanaman keras di wilayah binaan masing-masing.

Pihak Kodim 0205TK melaksanakan kegiatan ini merupakan upaya Satuan Komando Teritorial dan salahsatu bentuk Pembinaan Teritorial TNI di wilayah binaan masing-masing, kemudian kegiatan dilaksanakan bersama bersama dengan masyarakat warga desa binaan sebagai langkah menanggulangi ataupun mencegah terjadinya erosi atau tanah longsor tanah atau perbukitan gundul yang berdampak kepada timbulnya bencana alam yang mengakibatkan kerugian materi bahkan korban jiwa, selain itu dengan dilakukannya penghijauan ini untuk menjadikan sarana penyimpanan air di alam.

Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti Dandim 0205/Tanah Karo menerangkan bahwa pihak Kodim 0205/Tanah Karo dalam melaksanakan program “TNI Menyatu Dengan Alam” tersebut, dilaksanakan secara berkelanjutkan diseluruh wialayah binaan Koramil jajaran, kami juga meminta kepada berbagai elemen masyarakat bisa mendukung sepenuhnya dalam kegiatan penanaman pohon di lahan kritis atau gundul, selain kegiatan penanaman pohon pihak Koramil bersama pihak Dinas Kehutanan, Manggala Agni dan Pihak Polsek melakukan patroli Karhutla untuk mencegah terjadinya kebakaran maupu pembalakan hutan.

Sesuai atensi dari pimpinan TNI Angkatan Darat Bapak KASAD Jendral TNI Maruli Simanjuntak yaitu agar TNI menyatu dan mencintai alam karena kita butuh bumi tetap hijau, wujud dari itu personel TNI dan PNS Kodim 0205/Tanah Karo melaksanakan penanam pohon dengan berbagi cara termasuk menggunakan sistem Sedd Ball, kegiatan ini akan dijadikan tradisi baru, dan harus berkalanjutan, pihak TNI melakukan ini karena ala mini akan kita wariskan kepada anak dan cucu kita di masa depan.

Dandim 0205/Tanah Karo Letkol Inf Ahmad Afriyan Rangkuti juga mengungkapkan tahapan penyiapan atau pembuatan Seed Ball yaitu dimulai dari penyiapan median tanah serta pupuk, kemudian memilih benih pohon tanaman keras, selanjutnya melakukan proses pembuatan Bola Benih (Seed Ball), masuk ke proses pengeringan, selanjunta pencarian lahan, setelah itu para personel Kodim 0205/TK khsusnya para Babinsa melakukan proses pelemparan bola benih, juga melakukan pemantauan yaitu menunggu dan memonitor proses pertumbuhan tanaman.

Kami pihak TNI khususnya Kodim 0205/TK berharapan dengan dilakukan penghijauan menggunakan sistem seedball ini benih atau biji tanaman keras yang telah terbungkus oleh tanah dicampur pupuk dapat merangsang pertumbuhanan benih tanaman dapat dengan cepat tumbuh subur sehingga diharapakan tanaman tumbuh dapat menghijaukan lahan kritis untuk menjaga ekosistem alam sehingga bermanfaat untuk masyarakat juga program “TNI Menyatu Dengan Alam sukses, oleh sebab itu kami meminta kepada masyarakat dan berbagai instansi mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim 0205/Tanah Karo. (Bayu.W GATUBIMA_PENDIM 0205/TK)

TNI, Kodim 0205/TK, Penghijauan Sistem Seed Ball, Karo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.